Pembantu Saddam Hussein Diekeskusi Mati

Pembantu Saddam Hussein Diekeskusi Mati

Irak mengeksekusi seorang pembantu mantan penguasa negeri itu, Saddam Hussein. Televisi negara tersebut memberitakan, namun tak menyebut tempat lokasi eksekusi dilakukan.

Abid Hamid Mahmud al-Tikriti adalah sekretaris pribadi Saddam Hussein. Ia juga pernah menjabat sebagai penasihat keamanan nasional dan pengawal senior penguasa yang telah dihukum mati sebelumnya.

Al-Tikriti adalah satu dari 55 warga Irak yang paling dicari. Dia berada dalam urutan nomor empat di belakang Hussein dan putranya Uday dan Qusay dalam daftar tersebut.

Al-Tikriti dan anggota pasukan khusus Saddam ditangkap dalam serangan tahun 2003 oleh Pasukan Operasi Khusus AS di dekat kota Tikrit. Pengadilan Tinggi Irak kemudian menjatuhkan hukuman mati terhadap dia dan anggota pasukan khusus terkait genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Tahun 2003 invasi di bawah pimpinan Amerika Serikat berhasil menggulingkan rezim Saddam Hussein. Ia dieksekusi pada Desember 2006 setelah dinyatakan bersalah atas kejahatan terhadap kemanusiaan.(fq/cnn)