Pemain Bintang Sepakbola Suriah Boikot Negaranya di Kejuaraan Asia Barat

Enam pemain kunci tim sepak bola suriah enggan untuk bermain di Kejuaraan Asia Barat yang akan diselenggarakan di Kuwait pada dua puluh delapan bulan Desember ini.

Kapten Suriah terpilih Firas Al Khatib mengumumkan keengganannya untuk mewakili Suriah dengan sebab apa yang ia sebut “Kejahatan rezim terhadap rakyat Suriah,” dan ia menegaskan di halaman jejaring sosial Facebook tidak ikut sertanya lima pemain lainnya diantaranya Jihad Al Hussein, Bilal Abdel Dayem, Ala-Shibli, Sanherib Maliki dan Firas Ismail .

Khatib tidak menjelaskan alasan sebenarnya kenapa meraka menolak untuk bermain bersama tim, namun asosiasi atlet Suriah mengatakan keberatan yang memaksa para pemain adalah dengan sebab adanya kekerasan rezim Suriah terhadap rakyat, dan itu alasan utama penolakan mereka untuk bergabung dengan tim nasional.

Yang perlu diperhatikan bahwa direktur tim terpilih Suriah di Kejuaraan Asia Barat di Kuwait, Kolonel Ahmed Zino telah meminta Federasi Suriah Football mengirim surat ke Uni Kuwait dan meminta uni Kuwait untuk mencegah masuknya bendera resmi apapun dari bendera Suriah selama pertandingan tim di turnamen.

Perlu dicatat bahwa 5  pemain terpilih telah bermain di berbagai club di luar Suriah,  Firas Al Khatib bermain untuk Zakho Irak bersama rekan setimnya Firas Ismail, sementara Jihad Al Hussein bergabung dengan club dari Saudi, dan Bilal Abdel Dayem bermain untuk  club dari Yordania, dan Sanherib bergabung dengan club dari belanda.

Satu-satunya pemain yang bermain dengan club di suriah adalah Alaa al-Shibli.

(zae/Skynews Arab)