Pelanjut Ismail Haniya, Hamas Tunjuk Yahya Sinwar Sebagai Kepala Biro Politik

Yahya Sinwar Kepala Biro Politik Pemimpin Hamas

eramuslim.com – Gerakan Perlawanan Islam Palestina Hamas telah mengumumkan Yahya Sinwar sebagai kepala biro politik yang baru, menggantikan Ismail Haniyah yang dibunuh oleh ‘Israel’ di Teheran minggu lalu.

Keputusan tersebut disampaikan Hamas dalam pernyataan di channel Telegramnya pada Selasa (06/08/2024).

Yahya Sinwar adalah salah satu pemimpin Hamas yang paling dicari oleh ‘Israel’.

Menurut penjajah ‘Israel’, Yahya Sinwar merupakan salah satu mastermind dalam operasi perlawanan Taufan Al-Aqsha pada 7 Oktober.

Ditunjukkan Sinwar tidak terduga, karena spekulasi telah berpusat pada Khaled Misha’al atau Khalil al-Hayya sebagai calon pengganti.

Sinwar, yang lahir pada tahun 1962 di kamp pengungsi Khan Younis, memiliki sejarah panjang dengan organisasi ini dan dikenal karena sikap tegas dan latar belakangnya yang keras.

Sebagai salah satu pendiri sayap militer Hamas, Brigade Izzudin al-Qassam, Sinwar telah menjadi pemain utama dalam kegiatan militer dan politik kelompok tersebut.

Pada tahun 1988, ia dipenjara oleh ‘Israel’ karena keterlibatannya dalam penculikan dan pembunuhan dua tentara Israel.

Dia menjalani hukuman seumur hidup namun dibebaskan pada tahun 2011 sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran tahanan Gilad Shalit.

Sejak pembebasannya, Sinwar menjadi terkenal di dalam Hamas, terutama di sayap militernya. Dia terpilih sebagai kepala Hamas di Gaza pada tahun 2017, yang memperkuat pengaruhnya dalam organisasi tersebut.

Penunjukan Sinwar sebagai kepala biro politik yang baru sangat penting, karena hal ini menunjukkan fokus berkelanjutan pada perlawanan bersenjata terhadap penjajahan ‘Israel’ di bawah kepemimpinannya. (sumber: Hidayatullah)

Beri Komentar