Pelaku Penyanderaan di Sidney adalah Pria Iran Predator Seksual

4301769bDrama penyanderaan di  kafe Lindt di Sydney Australia telah berakhir setelah polisi menyerbu dan menguasai  kafe tersebut. Kepolisian Sidney  menyerbu Lindt Café  pada Senin kemarin (15 desember 2014) dan mengakhiri penyanderaan  yang berlangsung selama lebih dari 16 jam.

Pria bersenjata yang tadinya diduga serampangan oleh media  sebagai simpatisan Islamic State  yang melakukan aksi penyanderaan ternyata hanyalah seorang  pria bernama Haron Monis – dia adalah seorang pengungsi Iran ,  50 tahun dan pemimpin spritual yang aneh . Dia ditembak oleh pasukan keamanan ketika aksi penyerbuan berlangsung dan  tewas setelah dibawa ke rumah sakit, pihak kepolisian New South Wales mengatakan.

“Itu termasuk  tindakan individu,” kata Komisaris Polisi NSW Andrew Scipione dalam sebuah konferensi pers.

Haron Monis, pengungsi Iran dan pemimpin spritual yang aneh   pernah dihukum atas aksi kekerasan seksual dan dikenal karena mengirim surat kebencian kepada keluarga tentara Australia yang tewas di luar negeri, telah bersembunyi di kafe sekitar 15 jam setelah pengepungan dimulai.

Pria Iran yang sering menyebut dirinya Syaikh Haron ini, ia punya catatan kriminal  kasus kekerasan seksual dan dianggap  sebagai predator seksual, seperti dilansir ABC News. Dakwaan itu berasal ketika ia bekerja sebagai “penyembuh spiritual”.

Monis pernah dibebaskan dengan jaminan atas tuduhan membunuh mantan istrinya yang telah melahirkan  dua anaknya. Monis lahir di Iran sebagai Manteghi Bourjerdi dan bermigrasi ke Australia pada tahun 1996. (Arby/Dz)