Pejuang Kaukasus Utara Ledakkan Diri dan Tewaskan Polisi Rusia

Seorang pembom bunuh diri meledakkan mobilnya di sebuah pos pemeriksaan polisi di wilayah Rusia yang bergolak Kaukasus Utara pada hari Selasa ini (23/10), menewaskan seorang polisi dan melukai tiga orang lainnya, kata pihak berwenang.

Serangan fajar itu menghancurkan pos pemeriksaan di perbatasan internal antara provinsi Ossetia Utara dan Ingushetia.

“Seorang polisi menghentikan mobil untuk melakukan pemeriksaan dan tiba-tiba pengemudi meledakkan bom,” kata Kementerian Dalam Negeri Rusia di situsnya.

Rekaman televisi menunjukkan pecahan logam bergelombang biru dan pecahan bangunan kecil yang tersebar di sekitar lokasi yang tertutup salju dengan latar belakang Pegunungan Kaukasus.

Moskow saat ini sedang berjuang memadamkan perlawanan yang berasal dari dua perang yang menghancurkan melawan separatis pada tahun 1994-2000 di Chechnya, di timur Ingushetia dan Ossetia Utara.

Presiden Vladimir Putin mengatakan kepada pasukan keamanan pekan lalu bahwa mereka harus memastikan tidak ada serangan terhadap Rusia di tahun-tahun mendatang yang menjadi tuan rumah termasuk Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi, dekat Kaukasus Utara.(fq/reu)