Pejuang Anti Assad Rebut Pos Pemeriksaan Antara Aleppo dan Turki

Pejuang Anti Assad Rebut Pos Pemeriksaan Antara Aleppo dan Turki

Pemberontak anti Assad di barat laut Suriah menguasai sebuah pos pemeriksaan strategis hari ini (Senin 30/7) Aleppo setelah pertempuran 10-jam, mengamankan perbatasan antara kota utara dan Turki, wartawan AFP mengatakan.

“Pos pemeriksaan Anadan, lima kilometer sebelah barat laut dari Aleppo, dikuasai pagi ini pada pukul 5 pagi setelah 10 jam pertempuran,” kata Jenderal Ferzat Abdel Nasser, seorang perwira pemberontak yang membelot dari tentara Suriah bulan lalu.

Dengan mengamankan posisi ini, pejuang anti Assad sekarang mengontrol rute langsung antara perbatasan Turki dan kota Aleppo, di mana militer Suriah melancarkan serangan Sabtu lalu untuk mengusir tentara pembebasan Suriah (FSA), yang terdiri dari desertir dan warga sipil bersenjata.

Wartawan AFP di lapangan mengatakan bahwa pejuang anti Assad merebut tujuh tank dan kendaraan lapis baja, dan menghancurkan sebuah kendaraan militer.

Enam tentara tewas dan 25 ditangkap sebagai tawanan, kata jenderal Ferzat kepada AFP melalui telepon, dengan menambahkan bahwa empat tentaranya tewas dalam pertempuran.(fq/hurriyet)