PBB Masukkan Jaringan Haqqani Pakistan dalam Daftar Hitam

Komite sanksi Dewan Keamanan PBB Taliban telah menambahkan jaringan Haqqani yang berbasis di Pakistan, yang dituduh melakukan serangan di Afghanistan, dalam daftar hitam.

Jaringan Abdul Rauf Zakir, yang dituduh telah merencanakan banyak serangan bunuh diri, juga ditambahkan ke dalam daftar sanksi.

Sebuah larangan perjalanan, embargo senjata dan pembekuan aset merupakan bagian dari sanksi tersebut.

Langkah ini datang setelah AS mengatakan telah memutuskan untuk menunjuk kelompok jaringan yang dituduh melakukan teror tersebut, masuk dalam sanksi.

PBB mengatakan kelompok itu bertanggung jawab atas banyak yang serangan mematikan di Afghanistan, termasuk menewaskan delapan orang di sebuah hotel di Kabul tahun 2008, dan serangan terhadap Hotel Intercontinental di Kabul pada Juni 2011, yang menewaskan 11 warga sipil Afghanistan dan dua polisi Afghanistan.

Jaringan Haqqani juga bertanggung jawab atas serangan September 2011 terhadap Kedutaan Besar AS dan markas Bantuan Keamanan Internasional di Kabul. Enam belas warga Afghanistan tewas dalam serangan yang berlangsung selama 19-jam, termasuk setidaknya enam anak, PBB mengatakan dalam pencatatan mereka.

Jaringan Haqqani juga telah terlibat dalam sejumlah penculikan, dan telah bekerja sama dengan organisasi Taliban dan lainnya di Afghanistan, tambahnya.

Jaringan Haqqani juga menyandera sandera Barat, Pakistan dan Afghanistan, di antaranya tentara AS Sersan Bowe Bergdahl, 25, yang telah ditahan selama lebih dari tiga tahun.

Sedangkan jaringan Abdul Rauf Zakir bertanggung jawab atas semua operasi di Kabul, Takhar, Kunduz dan provinsi Baghlan di Afghanistan, kata PBB.

Dikatakan dia bertanggung jawab untuk merekrut pelatihan dasar senjata kecil, senjata berat, dan konstruksi dasar perangkat peledak improvisasi.(fq/bbc)