Pasukan Turki Tewaskan 15 Pemberontak Kurdi Dekat Perbatasan Irak

Pasukan Turki Tewaskan 15 Pemberontak Kurdi Dekat Perbatasan Irak

Tentara Turki telah menewaskan sedikitnya 15 pemberontak separatis Kurdi dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dalam bentrokan di dekat perbatasan negara itu dengan Irak, kata pejabat negara itu.

Militer Turki mengatakan Rabu kemarin (25/7) bahwa para pemberontak tewas setelah pesawat Turki melihat sekelompok pejuang Kurdi yang telah memblokir jalan-jalan di provinsi Hakkari, Selasa lalu.

Tiga tentara Turki juga terluka dalam baku tembak dengan pemberontak PKK.

Turki meluncurkan serangan udara dan darat besar-besaran terhadap kelompok separatis bersenjata di bulan Oktober di tenggara negara itu dan di Irak utara setelah 24 tentaranya tewas dalam serangan teroris.

Pada bulan Desember, serangan udara Turki menewaskan 34 penyelundup Kurdi, sebagian besar remaja, dekat perbatasan Irak ketika komandan Turki mengira mereka bagi gerilyawan PKK.

Puluhan ribu orang telah tewas sejak PKK teroris memulai sebuah perjuangan bersenjata melawan Ankara pada tahun 1984 dalam upaya untuk membentuk sebuah negara Kurdi merdeka di Turki tenggara

Partai Pekerja Kurdistan terdaftar sebagai organisasi teroris oleh banyak komunitas internasional, termasuk Turki, Iran, Uni Eropa, dan Amerika Serikat.(fq/prtv)