Pasukan NATO Lancarkan Operasi Militer Baru di Afghanistan

Pasukan Inggris yang menjadi salah satu bagian dari pasukan NATO kemarin melancarkan operasi militer besar-besaran di lembah Helman, wilayah Selatan Afghanistan. Operasi ini didukung tak kurang dari 2. 500 anggota pasukan NATO yang dipimpin oleh Inggris, tujuan operasi menyapu bersih kekuatan Taliban di lembah ini.

"Tujuan operasi ini adalah melanjutkan upaya untuk menetralisir kekuatan Taliban di Afghanistan, terutama di wilarah Gereshk, " ujar Letnan Kolonel Richard Eaton, komandan tempur pasukan Inggris yang memimpin tentara NATO. Rencananya operasi militer di wilayah Helmand dan sekitarnya ini akan berlangsung beberapa minggu, bahkan tidak menutup sampai beberapa bulan ke depan.

Wilayah Helmand di Afghanistan adalah salah satu wilayah yang cukup panas. Hampir setiap hari selalu ada serangan dari sisa-sisa pasukan Taliban yang masih bertahan. Sejak tahun 2001 sampai hari ini, ketika Amerika Serikat dan pasukan koalisi menyerang Afghanistan, negeri para mullah ini terus bergejolak tanpa henti. Serangan bom jalanan, setiap hari rata-rata menewaskan lima orang, baik anggota pasukan koalisi maupun pasukan keamanan internasi Afghanistan.

Dalam serangan Helmand ini, seorang perempuan tewas menjadi korban salah sasaran dari pasukan NATO dan dua orang lainnya terluka. Dilaporkan juga, tentara Afghanistan menewaskan tiga orang anggota Taliban dalam serangan yang sama. (Herry Nurdi/ Arab News)