Para Pemimpin Uni Eropa Berikan Selamat Terpilihnya Kembali Obama

Para pemimpin Uni Eropa hari ini mengucapkan selamat kepada Barack Obama yang terpilih kembali ke Gedung Putih, mengatakan mereka berharap bisa meningkatkan hubungan dengan Amerika Serikat dan bekerja sama dalam menghadapi tantangan global.

Presiden Uni Eropa Herman Van Rompuy, yang pertama bereaksi, menulis di akun Twitter-nya: “Sangat senang terpilihnya kembali Presiden Obama.” Tak lama setelah itu, Van Rompuy dan Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso menerbitkan sebuah pernyataan di mana mereka menyampai salam hangat dan selamat kepada Presiden Obama.”

Kanselir Jerman Angela Merkel hari ini menulis kepada Presiden AS Barack Obama untuk mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali dan memuji kerjasama mereka untuk menyelesaikan krisis ekonomi global.

Perdana Menteri Inggris David Cameron mengatakan hari ini bahwa ia sudah tak sabar untuk bekerja sama kembali dengan “teman” Barack Obama setelah kemenangannya di pemilihan presiden Amerika Serikat.

Presiden Perancis François Hollande memuji Obama yang terpilih kembali dengan menyatakan pilihan yang jelas untuk  bersatu bersama Amerika terlibat di kancah internasional. “Kemenangan Obama akan sekali lagi memperkuat kemitraan kami untuk memfasilitasi kembalinya pertumbuhan ekonomi di negara kami, untuk melawan pengangguran, dan untuk mencari solusi terhadap krisis yang mengancam kita, terutama di Timur Tengah,” ujarnya.

Wakil Perdana Menteri Israel, Silvan Shalom, juga mengucapkan selamat kepada Obama atas terpilihnya kembali menjadi presiden, mengatakan hubungan negara Yahudi dengan Washington diharapkan tetap kuat.

“Semua pemerintah AS telah mendukung Israel di front politik, keamanan dan ekonomi karena kita memiliki kepentingan dan nilai-nilai bersama,” kata Shalom kepada radio publik.

Perdana Menteri Kanada Stephen Harper juga mengucapkan selamat kepada Obama yang terpilih kembali ke Gedung Putih.

“Kanada dan Amerika Serikat menikmati salah satu hubungan yang paling dekat dan paling luas di dunia,” kata Harper dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa selama bertahun-tahun ia dan Obama telah bekerja pada beberapa inisiatif bilateral penting untuk menciptakan lapangan kerja dan pertumbuhan di kedua negara.(fq/afp)