Para Pemimpin Negara Muslim juga Sampaikan Selamat kepada Obama

Para pemimpin Muslim dan dunia Rabu 7 November kemarin menyambut terpilihnya kembali Presiden AS Barack Obama untuk masa jabatan kedua di Gedung Putih setelah mengalahkan penantangnya dari kubu Republik Mitt Romney.

“Ini adalah harapan saya bahwa Presiden Obama akan melanjutkan usahanya untuk mendorong pemahaman dan rasa hormat antara Amerika Serikat dan umat Islam di seluruh dunia,” Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh surat kabar The Star.

Obama, presiden kulit hitam pertama Amerika, memenangkan masa jabatan kedua pada hari Selasa lalu setelah memenangkan dukungan suara dari pesaingnya Mitt Romney.

“Banyak warga Malaysia antusias mengikuti kampanye pemilihan presiden,” kata Najib.

“Sebagai negara Muslim moderat, Malaysia siap untuk membantu Amerika Serikat pada saat negara itu berusaha untuk lebih terlibat dengan orang-orang dari umat Islam.”

Kemenangan Obama juga memicu perayaan di rumah masa kecilnya di negara mayoritas Muslim Indonesia.

Di Mesir, Presiden Muhammad Mursi menyuarakan harapannya bahwa terpilih kembalinya Obama akan membantu meningkatkan kerjasama antara kedua negara.

“Kami mengucapkan selamat kepada rakyat Amerika pada pilihan mereka dan kami berharap presiden AS yang baru terpilih akan bekerja untuk mencapai kepentingan kedua rakyat Amerika dan Mesir,” kata juru bicara Mursi, Yasser Ali kepada  Reuters.

Setelah memenangkan masa jabatan pertamanya pada tahun 2008, Obama menyampaikan pidato penting dari Kairo di mana ia berjanji untuk memperbaiki hubungan AS dengan dunia Islam setelah satu dekade adanya ketidakpercayaan di bawah pendahulunya, George W. Bush.(fq/oi)