Panetta: Iran Membentuk Milisi Pro-Assad di Suriah

Panetta: Iran Membentuk Milisi Pro-Assad di Suriah

Iran sedang membangun milisi Suriah yang setia kepada Presiden Bashar al-Assad, Menteri Pertahanan AS Leon Panetta mengatakan Selasa kemarin (14/8), memperingatkan bahwa kehadiran Teheran bisa memperburuk situasi di lapangan.

“Sudah jelas bahwa Iran telah memainkan peran yang lebih besar di Suriah dalam banyak hal,” kata Panetta dalam sebuah konferensi pers bersama dengan ketua Kepala Staf Gabungan, Jenderal Martin Dempsey.

“Sekarang ada bukti bahwa Garda Revolusi Iran mencoba untuk mengembangkan, mencoba untuk melatih milisi di Suriah untuk dapat berjuang atas nama rezim,” kata Panetta.

“Jadi kita melihat kehadiran Iran dan itu menjadi keprihatinan mendalam bagi kami. Kami tidak berpikir bahwa Iran harus memainkan peran saat ini dalam waktu dekat, itu berbahaya karena hanya menambah pembunuhan yang terjadi di Suriah. ”

Panetta juga meminta Teheran untuk tetap keluar dari konflik, mengatakan: “Harapan kami adalah bahwa Iran harus berpikir lebih baik lagi tentang keterlibatan mereka di Suriah.”

“Rakyat Suriah harus menentukan masa depan mereka sendiri, bukan Iran,” tambahnya.

“Sehubungan dengan zona larangan terbang, itu tidak masalah bagi kami,” kata Panetta.

Panetta mengatakan fokusnya adalah untuk memastikan bahwa lokasi bahan kimia Suriah dan senjata biologi dalam kondisi aman.(fq/aby)