Pakistan Tunda Rute Pasokan NATO karena Alasan Keamanan

Pakistan Tunda Rute Pasokan NATO karena Alasan Keamanan

Pemerintah Pakistan untuk sementara menutup perbatasan yang digunakan oleh truk NATO untuk membawa pasokan ke pasukan asing pimpinan Amerika di Afghanistan.

Menurut pejabat setempat keputusan itu dibuat setelah sekelompok orang bersenjata menyerang konvoi truk pasokan NATO pada Selasa lalu di kota Jamrud di dekat kota barat laut Peshawar, menewaskan sopir yang membawa truk.

Ini adalah serangan pertama terhadap truk pasokan NATO sejak Pakistan mencabut blokade perbatasan selama tujuh bulan.

Pejabat pemerintah daerah Bakhtiar Khan Kamis kemarin (26/7) mengkonfirmasi rute pasokan telah ditangguhkan karena “alasan keamanan.”

“Para pejabat intelijen telah memberitahu otoritas bahwa serangan mungkin terjadi pada kendaraan NATO minggu ini,” kata Khan kepada AFP.

Dia menambahkan bahwa rute NATO akan “dilanjutkan segera,” tapi sampai rute dibuka kembali, truk yang membawa pasokan untuk 130.000-kuat pasukan asing pimpinan AS di Afghanistan tidak akan dapat mendekati perbatasan.

Pakistan menutup perbatasan pada bulan November 2011 setelah 24 tentara Pakistan tewas dalam serangan udara pimpinan AS pada dua pos pemeriksaan di perbatasan Afghanistan.(fq/prtv)