Pakistan Menangkap Warganya Terkait Teror London

Hanya dalam hitungan jam setelah Inggris dan Amerika siaga satu di seluruh bandaranya, Kepolisian Pakistan menangkap warganya yang dicurigai terlibat dalam rencana peledakan pesawat terbang di London.

Penangkapan memang dilakukan serentak di Inggris dan Pakistan setelah melalui kerjasama intelijen antara Amerika Serikat, Inggris dan Pakistan.

“Penangkapan di Inggris memang adalah hasil kerjasama aktif antara intelijen tiga negara. Beberapa orang Pakistan memang telah ditangkap di Inggris,” ujar jurubicara Kementerian Luar Negeri Pakistan, Tasnim Aslam di Islamabad, Pakistan kemarin.

Aslam memang tidak menampik bahwa warga negara Pakistan terlibat teror ini. “Kenyataannya memang Pakistan memainkan peranan sangat penting dalam membongkar dan menghancurkan terorisme dengan jaringan al-Qaidah,” tambahnya pada wartawan internasional yang berkumpul di Islamabad kemarin.

Ia juga menerangkan bahwa di Pakistan sendiri memang telah menangkap beberapa warganya. Penangkapan di Inggris terjadi di wilayah High Wycombe, Buckinghamshire dan Birmingham. Sedangkan di Pakistan, tersangka yang terkait di tangkap di wilayah Islamabad. Pencarian dan perburuan hingga saat ini masih diteruskan. (na/str/bbc/ap)