Operasi Corpus Alienum Tim HASI Di Suriah

Salma 2/6/2013, Waktu menunjukkan pukul 11.00, datang seorang pasien yang mengeluhkan adanya serpihan peluru di bagian tubuhnya kemudian dr. Abu Abdullah spesialis bedah asal Yaman memutuskan untuk langsung mengoperasi hari itu dibantu dengan tim medis dari HASI. Analisa hasil rontgen menunjukkan Muhammad (30) terkena serpihan peluru di daerah dekat pantat kanannya akibat tembakan dari tentara Nushairiyah.

SAM_1577Operasi segera dimulai dan pengirisan awal dilakukan kamudian irisan diperdalam lalu menyisir dengan bantuan tangan untuk melokalisir serpihan peluru. Setelah cukup lama meraba-raba, akhirnya serpihan berhasil dilokalisir untuk kemudian dikeluarkan. Serpihan peluru seukuran 1×2 cm berhasil dikeluarkan, Alhamdulillah. Setelah itu dilakukan penjahitan terhadap irisan operasi dan dipasang saluran drain untuk mencegah jika terjadi perdarahan belakangan.

Beberapa saat kemudian Muhammad pun siuman, dan Alhamdulillah Muhammad pun langsung dibolehkan kembali ke rumahnya stelah diberi obat, tak lupa dr. Abu Abdillah berpesan kepada Muhammad untuk kembali ke RSL Salma setelah tiga hari guna mengecek luka jahitan bekas operasi tersebut.

 

dr. Abu Yusuf

Tim ke-7 Relawan HASI untuk Suriah