Obama Sambut Gembira Hasil Pertemuan Washington

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan sejumlah pemimpin senior Otoritas Palestina lainnya menyatakan rasa optimisme yang sama setelah pertemuan mereka minggu lalu.

Presiden AS, Barack Obama sangat senang dengan hasil dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Washington dan berencana untuk memainkan peranan pribadi dalam menggerakkan proses perdamaian antara Israel dan Palestina ke depan. Begitu menurut seorang pejabat senior AS kepada Haaretz selama akhir pekan kemarin.

Pejabat senior itu mengatakan bahwa Obama telah menyisihkan seluruh jadwal hari Rabu yang lalu untuk mencurahkan diri dalam permasalahan ini sepenuhnya. "Ia tidak pernah melakukan hal itu dalam masalah lainnya," kata pejabat itu.

Menurutnya, Obama akan menjadi pembawa acara dalam pertemuan 14 September di Mesir. Sedangkan yang akan duduk dalam pertemuan itu adalah Netanyahu, Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas, Presiden Mesir, Hosni Mubarak dan Raja Yordania, Abdullah. Mereka mengatakan pembicaraan itu akan berlangsung tulus dan terbuka bagi kemajuan proses perdamaian. .

Berbicara kepada Haaretz selama akhir pekan, kepala perunding Otoritas Palestina, Saeb Erekat membantah pernyataan kepada surat kabar Al-Ayyam bahwa negosiator senior Palestina, Nabil Shaath, yang menyatakan bahwa tim negosiasi Otoritas Palestina dan Israel akan melakukan pertemuan persiapan besok di Yerikho di hadapan Amerika. (sa/hrtz)