Obama: Israel Adalah Mitra Penting Dan Sekutu Strategis Kami

Keriaan Hari Kemerdekaan Israel tak luput dari ucapan selamat dari presiden AS, Barack Obama. Seperti diketahui, Israel Senin kemarin merayakan hari jadinya yang ke-62 di tanah jajahan Palestina. Dan Obama mengeluarkan pernyataan khusus kepada rakyat Israel hari Senin itu juga.

"Israel tetap menjadi mitra penting dan sekutu strategis di Timur Tengah kami," ujarnya, "dan saya yakin, hubungan istimewa kami akan semakin kuat pada bulan dan tahun-tahun mendatang."

Obama memulai pernyataannya dengan mengatakan, "Pada Peringatan 62 tahun berdirinya Negara Israel, saya bersama rakyat Amerika mengucapkan selamat kepada pemerintah dan bangsa Israel. Persahabatan antara kedua Negara tak akan terpatahkan."

Obama menegaskan bahwa Amerika Serikat adalah negara pertama yang mengakui Israel, bahkan sejak menit setelah (Perdana Menteri) David Ben-Gurion mendeklarasikan kemerdekaan Israel, mewujudkan mimpi suatu negara untuk orang-orang Yahudi di tanah air bangsa Palestina tersebut.

"Sekarang ini, kami sekali lagi menghormati prestasi luar biasa dari rakyat Israel, dan persahabatan mereka yang mendalam dan taat dengan orang-orang Amerika. Saya mengharapkan yang terbaik untuk Presiden Peres, Perdana Menteri Netanyahu, dan rakyat Israel ketika mereka merayakan peristiwa yang menyenangkan ini." demikian sang presiden Amerika. (sa/ynet)