No Cadar In France

niqabPeraturan larangan penggunaan cadar di Prancis kembali menuai kontroversi, kali ini sebuah bentrokan antara sekelompok pemuda dengan aparat keamanan Prancis di pinggiran kota Prancis tidak dapat dihindarkan.

Insiden ditangkapnya seorang wanita muslimah yang menggunakan kain penutup wajah dengan suaminya menjadi pemicu aksi unjuk rasa sekelompok pemuda muslim.

300 orang pemuda berunjuk rasa di depan sebuah kantor polisi di wilayah barat ibukota Paris, Prancis, selama dua hari berturut-turut.

Pihak kepolisian menuduh para pemuda muslim melakukan upaya provokasi dengan melempar batu dan kembang api ke arah kantor kepolisian.

Akan tetapi hal ini dibantah langsung komunitas muslim di Prancis, menurut mereka pihak aparat keamanan sengaja memprovokasi perasaan umat muslim sehingga bentrokan tidak dapat dihindarkan.

Peraturan larangan mengenakan penutup wajah di tempat umum di Perancis, banyak memicu kontroversi bagi kalangan muslim, selain di paksa melepaskan kain penutup wajah, denda berupa uang juga menambah panjang daftar diskriminasi tehadap warga muslim Di Prancis.

Peraturan larangan mengenakan penutup wajah disahkan pemerintah Prancis sejak April 2011 lalu. (bbcarabic/Zhd)