Negara Teluk Dan Liga Arab Dukung Penuh Saudi

arab iranEramuslim.com – Dewan Kerja Sama Negara Teluk (GCC) dan Liga Arab mendukung eksekusi mati yang dilakukan Arab Saudi terhadap tokoh agama Syiah, Sheikh Nimr al-Nimr, yang disebut sebagai perang melawan terorisme.

Sekretaris Jenderal GCC Abdullatif al-Zayani mengatakan bahwa organisasi beranggotakan Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar dan Saudi itu “berdiri di belakang” Riyadh. Pernyataan tersebut dibuat setelah Tehran mengecam tindakan Riyadh yang mengeksekusi mati Al-Nimr beserta 46 orang lainnya, termasuk puluhan orang yang diduga memiliki hubungan dengan al-Qaeda.

Minggu (03/01/2016), Kedutaan Besar Arab Saudi di Tehran dan kantor konsulat di Mashhad diserang oleh para pengunjuk rasa yang tidak senang atas eksekusi mati Al-Nimr.

Liga Arab, di hari yang sama, menyatakan dukungan mereka kepada Saudi dalam upaya mereka melawan tindak terorisme, kata sekjennya, Nabil al-Arabi, seperti dilaporkan Al Arabiya. Ia juga mengutuk pembakaran dan pengrusakan kedubes serta konsulat Saudi di Iran, yang disebutnya sebagai bentuk pelanggaran atas prinsip-prinsip internasional.

Pembakaran kedubes Saudi di Iran juga telah membuat marah rezim Saud. Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir mengumumkan telah menarik duta besar mereka untuk Iran dan memberi waktu 48 jam kepada semua diplomat Iran untuk meninggalkan negara tersebut.(ts/rn)