Negara Afrika Barat Bahas Rencana Intervensi Militer di Mali Utara

Menteri luar negeri dan pertahanan Afrika Barat telah bertemu di Nigeria untuk menetapkan rencana militer dalam membantu pertempuran pemerintah Mali dengan kelompok Islam yang mengendalikan bagian utara negara itu, Press TV melaporkan.

Selama pertemuan Jumat lalu di ibukota Nigeria, Abuja, menteri dari Komunitas 15-negara Ekonomi Negara Afrika Barat (ECOWAS) mencoba untuk merumuskan strategi militer yang diperluas menjelang pertemuan puncak para pemimpin blok itu pada hari Minggu ini, yang akan membahas kemungkinan intervensi militer di Mali utara.

Kepala pertahanan ECOWAS merekomendasikan pada pertemuan puncak itu sebanyak 5.500 tentara yang sebelumnya hanya 3.200 tentara.

Selain itu, sebuah laporan yang dipersiapkan setelah pertemuan juga berbicara tentang peran kepemimpinan ECOWAS dalam penggelaran pasukan internasional pimpinan-Afrika di negara Mali yang dilanda krisis.

Upaya kolektif untuk memberikan solusi terhadap situasi keamanan di Mali dilaporkan dilakukan dengan dukungan dari pemerintah Mali.(fq/prtv)