Muslim Bosnia Rayakan 5 Abad Kedatangan Islam di Balkan

2213893Eramulsim.com – Muslim Bosnia, Senin (15/6), merayakan tahun ke-505 kehadiran Islam di Balkan. Perayaan diwarnai perjalanan pengendara kuda dari berbagai kota di Bosnia ke Prusats. Peserta tidak hanya warga Muslim Bosnia, tapi juga Turki.

Hussain Kavazovich, presiden Asosiasi Islam Bosnia-Herzegovina, mengatakan perayaan ini penting karena merupakan penghormatan terhadap nenek moyang kami yang mampu mempertahankan tradisi keislaman.

“Kami juga ingin mengatakan generasi saat ini mungkin yang paling sulit merayakan tradisi ini,” ujarnya kepada worldbulletin.net.

Yenicheri, band Angkatan Bersenjata Turki, membawakan sejumlah lagu Islam dan tampilan penari Darwis yang menarik perhatian orang banyak.

Perayaan ini juga merupakan penghormatan terhadap Ayvaz Dede, seorang Darwis yang pindah ke Prusats dari Akhisar di Anatolia barat, dan memperkenalkan Islam.

Banyak yang perdaya Dede datang ke Bosnia jauh sebelum penaklukan Ottoman. Warisan Dede menjadi bagian kuat hubungan Bosnia-Turki.

Lainnya percaya Ayvaz Dede adalah ulama yang menemani Sultan Mehmet II tahun 1463. Tugasnya adalah berdakwah di tengah orang Bosnia.

Suatu hari, Ayvaz Dede kehausan dan mencari sumber air. Ia menemukannya, tapi tak bisa mengambil air sebanyak mungkin untuk dibawa ke kota, karena ada batu besar di hulu.

Banyak yang percaya Ayvaz Dede berdoa 40 hari 40 malam, untuk mencari cara memecah batu itu. Selama ratusan tahun itu batu itulah yang menyebabkan kekeringan wilayah sekitar.

Pada hari terkahir, Ayvaz Dede tertidur. Dalam mimpi ia melihat dua ekor kambing menanduk batu itu dan pecah.

Ayvaz Dede terbangun dari tidurnya, dan mendapati batu besar itu terpecah menjadi dua. Setelah keajaiban itu, terjadi konversi massal Bosnia ke dalam Islam.(rz)