Mursi Berharap Kemenangan Obama akan Perkuat Hubungan AS-Mesir

Presiden Mesir Muhammad Mursi, Rabu hari ini (7/11) memuji Barack Obama yang terpilih kembali menjadi presiden AS dan mengatakan dirinya berharap kemenangan Obama akan memperkuat “persahabatan” antara kedua negara.

Mursi berharap kemenangan ini akan memperkuat persahabatan antara kedua negara dalam upaya untuk melayani kepentingan bersama mereka, yaitu keadilan, kebebasan serta perdamaian, dalam telegram ucapan selamat yang dirilis oleh kantor berita resmi MENA.

Meskipun AS tidak mendukung mantan presiden Hosni Mubarak dalam pemberontakan tahun lalu, Mesir tetap menjadi penerima terbesar kedua bantuan luar negeri AS – setelah Israel – senilai 1,5 miliar dolar per tahun, sebagian besar untuk militer.

Pada bulan September, Obama memicu intrik atas kondisi hubungan AS dengan Mesir setelah ia mengatakan negara itu, yang diperintah oleh kubu Islamis di era pasca-Mubarak, bukanlah teman atau musuh.

Komentar Obama itu datang setelah massa menyerang kedutaan besar AS di Kairo sebagai protes atas film yang dibuat di tanah AS dan dianggap anti-Islam yang juga menyebabkan kerusuhan di seluruh dunia Muslim.(fq/afp)