Mufti Saudi : Desak Para Pemuda untuk Tidak Terlibat dalam Perang Suriah

mufti saudiMufti Arab Saudi , otoritas keagamaan tertinggi di negeri itu  ,  mendesak para pemuda Saudi untuk menahan diri terlibat dalam  pertempuran di Suriah .

Pihak Kerajaan sebelumnya telah mendukung para pejuang yang memberontak dan memerangi Presiden Bashar al – Assad , bahkan publik juga menyerukan kekuatan dunia untuk mengendalikan Suriah  , tetapi sekarang pemerintahan Saudi khawatir  bahwa para pejuang tersebut  ketika  pulang ke tanah airnya akan  berperang di pemerintahan di negeri  mereka sendiri .

Umat Islam di Arab Saudi ,  mencela Assad dan pemerintahannya sebagai kafir karena berakar pada sekte Alawit , sebuah cabang dari agama Syiah .

Kekhawatiran kerajaan Saudi itu didasarkan kepada pengalaman salah seorang pejuang kelahiran Saudi , Osama bin Laden yang telah berbalik menyerang sasaran-sasaran kepentingan  Arab Saudi antara 2003 dan 2006 , setelah mendapat pengalaman bertempur di Irak , dan  Afghanistan .

” Ini semua salah , dan itu bukan Fardhu Ain , ” Ujar  Sheikh Al Abdulaziz , mengacu banyaknya pemuda  Saudi bergabung dalam  perang di Suriah yang sekarang memasuki tahun ketiga , menurut harian pan – Arab al – Hayat .

” (Perang Suriah) adalah permusuhan antar faksi dan  tidak harus pergi ke sana . Saya tidak menyarankan orang untuk pergi ke sana … Pergi ke wilayah  yang anda tidak mengetahui dan tanpa pengalaman, Anda akan menjadi beban bagi mereka , apa yang mereka inginkan dari Anda adalah hanya doamu . ”

Sebuah sumber  yang  akrab dengan gerakan militer di wilayah itu mengatakan pada September 2012 ribuan pemuda  Saudi telah berusaha untuk berangkat ke Suriah untuk bergabung dengan pemberontak .

Mufti Saudi tersebut , yang ditunjuk dan dipengaruhi langsung oleh Raja Saudi , juga memperingatkan terhadap para ulama dan khotib  yang mendorong para pemuda untuk berperang di Suriah untuk tidak melakukannya lagi, setelah memberikan  kuliah tentang ” Penyimpangan di kalangan pemuda ” di sebuah masjid .

” Muslim harus takut Tuhan dan tidak menipu para pemuda Muslim dan mengeksploitasi kelemahan mereka dan kurangnya wawasan dan mendorong mereka ke jurang kehancuran , ” ujar mufti tersebut seperti yang dikutip oleh media harian pada hari Senin . (Arby/Dz)