Muamar Gadhafi Resmikan Masjid di Uganda, Masjid Terbesar di Afrika

Pemimpin Libya Muamar Gadhafi meresmikan sebuah masjid terbesar di Old Kampala Hill, ibukota negara Uganda, yang diberi nama Masjid Nasional Gadhafi. Uniknya, peresmian yang bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad Saw itu dilakukan di stadium olahraga sepakbola.

Masjid tersebut, disebut-sebut bukan hanya terbesar di Uganda, tapi terbesar di seluruh benua Afrika. Masjid itu mampu menampung 12.000 jamaah dan dibangun atas dana dari World Islamic Call Society, organisasi non-pemerintah di Libya.

Peresmian Masjid Nasional Gadhafi di stadion sepakbola, dihadiri oleh sejumlah kepala negara dari benua Afrika, antara lain Presiden Kenya Mwai Kibaki, Presiden Rwanda Paul Kagame, Presiden Gabon Omar Bongo, Presiden Zanzibar Abeid Karume, Presiden Somalia Abdullahi Yusuf dan Presiden Djibouti Omar Guelleh.

Uganda yang memiliki jumlah penduduk 30 juta jiwa adalah negara yang mayoritas penduduknya mengangut agama Kristen. Warga Muslim menjadi warga minoritas di negara itu.
Pada awal era tahun 1970-an pemimpin Uganda, Idi Amin pernah memerintahkan untuk membangun masjid terbesar di Kampala Hill. Namun masjid itu tidak pernah berdiri, karena dananya menurut kabar yang beredar, digelapkan. (ln/mol)