Muadz Khatib Berkunjung ke Suriah Untuk Pertama Kali

Para aktivis mengatakan Presiden Koalisi Nasional untuk kekuatan Revolusioner dan oposisi Suriah, Ahmed Khatib Muadz, minggu lalu mengunjungi kota-kota di Utara Suriah untuk pertama kalinya semenjak ia meninggalkan Negara itu tahun lalu.

Aktivis Suriah melansir gambar Khatib yang sedang berjalan keliling di jalanan kawasan Manbej, di Aleppo provinsi Utara negara itu.

Khatib, yang diangkat sebagai Presiden dari koalisi oposisi pada bulan November, terlihat sedang berjalan di pasar yang di telah dikuasai oleh pejuang Sukarelawan, dan disekililingnya warga sipil berdesakan untuk bisa bersalaman dengannya.

Seorang pejabat di dewan oposisi Nasional Suriah, mengatakan, “khatib memasuki Suriah untuk pertama kalinya sejak ia diangkat sebagai presiden Koalisi, dan ia mengunjungi kota Manbej dan kota Jarablus selama beberapa jam lalu kembali ke Turki.”

Menurut Pejabat itu, yang menolak diidentifikasi, kunjungan itu memang dirahasiakan karena alasan keamanan, ia menambahkan bahwa tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memeriksa kondisi rakyat dan mendiskusikan kondisi hidup mereka.”

Dewan Koalisi menjelaskan bahwa warga di daerah tersebut hidup dalam keadaan yang sangat sulit, dan kunjungan khatib itu termasuk dalam rangka upaya untuk memperbaiki situasi mereka. (hr/Ajzr)