Misteri Hilangnya Reda Helal

Hiruk-pikuk reformasi Mesir sudah berlalu beberapa waktu. Namun masih banyak yang tersisa. Salah satunya adalah misteri besar hilangnya jurnalis Reda Helal. Helal tidak seperti layaknya wartawan oposisi negara itu.

Dia adalah seorang anggota staf senior di surat kabar al-Ahram dan berpandangan pro-Amerika.

Hilal terakhir dilihat oleh rekan-rekannya meninggalkan gedung al-Ahram sekitar 02:00 pada Agustus 2003. Dia diangkut ke pusat kota oleh sebuah perusahaan mobil. Beberapa mengatakan bahwa Hilal terlihat minum jus dan makan kebab di sebuah restoran.

Keesokan harinya, ketika kakak Hilal membuka flatnya, semuanya sudah berantakan.

Walaupun polisi Mesir sudah melakukan penyelidikan yang menyeluruh, banyak yang yakin bahwa Helal (atau Hilal) telah diculik oleh rezim Mubarak karena dia mengatakan atau mengetahui sesuatu tentang Gamal Mubarak.

Sementara banyak orang juga beranggapan bahwa dia telah dibunuh, namun ada klaim bahwa ia sebenarnya masih hidup, dan ditahan di penjara dengan nama lain. Laporan tersebut masih belum dikonfirmasi tetapi dengan jatuhnya rezim Mubarak, Reda Helal akan memberikan keterangan lain tentang Gamal, putra sang rejim yang telah ditumbangkan. (sa/albab)