Misteri Di Balik Naiknya Harga Bensin Di Amerika

Harga bensin di Amerikan dilaporkan terus mengalami kenaikan. Perusahaan minyak dan gas AS tengah menikmati rekor keuntungan yang sangat besar.

Sebuah SPBU di Orlando, Florida menetapkan 5,69 USD untuk satu galon bensin. Di California, Alaska dan Hawaii, gas dijual lebih dari 5 USD per galonnya.

Presiden AS Barack Obama telah meminta Kongres untuk mengakhiri keringanan pajak bagi perusahaan minyak dan gas karena kedua perusahaan ini disinyalir menikmati keuntungan besar.

Lima perusahaan besar minyak di Amerika, ExxonMobil, BP, Shell, Chevron, dan ConocoPhillips, baru ini mengumumkan rekor penghasilan sebesar Rp 34 miliar dalam kuartal pertama tahun 2011. Keuntungan mereka menunjukkan peningkatan 42 persen daripada tahun lalu.

Exxon sendiri dilaporkan menghasilkan keuntungan USD 10,7 miliar tahun ini, naik 69 persen dari 2010.

Gedung Putih khawatir bahwa harga minyak dunia dengan sejumlah kesengsaraan ekonomi lain bisa mendominasi kampanye presiden tahun depan.

Sementara itu, sebuah jajak pendapat baru-baru ini mengungkapkan bahwa hampir 60 persen orang Amerika setuju dengan cara Obama menangani perekonomian. (sa/presstv)