Militer Israel Tangkap Seorang Komandan Hamas di Tepi Barat

Militer Israel menangkap komandan Hamas, Omar Jabar di sebuah desa di kawasan Tulkarim, Tepi Barat pada Rabu (26/3). Israel mengklaim Omar Jabar sebagai otak serangan bom bunuh diri yang terjadi di kota Netanya.

Bom bunuh diri itu terjadi di Park Hotel pada tahun 2003, saat orang-orang Yahudi Israel sedang menikmati acara makan malam di hotel itu dalam acara perayaan hari besar agama Yahudi. Ledakan bom menewaskan 143 orang dan disebut-sebut dilakukan oleh anggota Hamas, Abdul Basset Odeh.

Setelah insiden itu, militer Israel langsung menggelar operasi militer dan mengambil alih kontrol kota-kota di Tepi Barat dari tangan otoritas Palestina. Dan target pencarian militer Israel adalah Omar Jabar. Pada tahun 2005, Israel menuding pimpinan Hamas, Abbas Sayad juga dalang serangan tersebut. Dan dua tahun sebelumnya, Israel menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup pada empat anggota Hamas, yang dituding terlibat dalam aksi bom bunuh diri di Hotel Park, Netanya.

Sumber-sumber di Palestina mengungkapkan, selain Omar Jabar, militer Zionis juga menangkap deputi Hamas, Hani Barabra di desa Bala. Sementara menurut keterangan pihak Israel, mereka secara tak sengaja menemukan Barabra di desa itu dalam sebuah operasi berbeda. (ln/bbc)