ISIL Menarik Mundur dari Pertikaian Antar Milisi Pembebasan Suriah

Fighters of al-Qaeda linked Islamic State of Iraq and the Levant parade at Syrian town of Tel AbyadPejuang Al – Qaeda menyerahkan wilayah di dekat perbatasan Turki pada hari Minggu , Reuters melaporkan , tampaknya hal itu menjadi penarikan taktis untuk mengakhiri bentrokan antara sesama penentang rezim Presiden Bashar al – Assad .

” Negara Islam Irak dan Levant (ISIL) menarik keluar pasukannya tanpa perlawanan . Pejuangnya membawa  senjata mereka dan senjata berat , “kata aktivis Firas Ahmad Reuters .

Dia menambahkan bahwa pejuang Negara Islam Irak dan Levant ( ISIL )  menuju ke arah provinsi Aleppo , di mana pasukan Assad telah meningkatkan tekanan terhadap pasukan pejuang pembebasan Suriah yang merebut kota 18 bulan lalu .

Aktivis lainnya , Abdallah al – Sheikh , mengatakan bahwa beberapa pejuang ISIL Suriah telah meninggalkan tempat dan beralih kesetiaan kepada Nusra Front, sebuah koalisi dari brigade Islam Suriah yang mencakup Ahrar al – Sham .

Pendukung oposisi Suriah dan para diplomat mengatakan bahwa, meskipun pertempuran di barat laut antara ISIL dan faksi-faksi pemberontak lainnya , yang melibatkan kelompok-kelompok ini tampaknya menguasai gurun timur negara itu .

” Tentu saja ada persaingan antara ISIL dan militan Islam lainnya ,  tetapi tidak muncul dengan konfrontasi skala penuh , ” kata seorang diplomat Timur Tengah .

Sementara itu bentrokan  terkonsentrasi di Aleppo dan Idlib , pertempuran bergeser ke provinsi baru pada hari Minggu , kali ini ke kota Tabqa di Raqa di perbatasan utara dengan Turki , di mana ISIL sangat kuat , Agence France – Presse melaporkan.

Jihadis ISIL  menewaskan sedikitnya 24 pemberontak saingannya di Suriah utara , AFP melaporkan pada hari Minggu , mengutip pemberontak dan petugas medis .

Dekat Tal Rifaat , sebuah desa di provinsi utara Aleppo , setidaknya 10 pemberontak milisi Islam lainnya gugur pada hari  Sabtu dalam serangan ISIL  , Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan.

Di kota Aleppo Hreitan , lima pejuang pemberontak gugur pada hari  Sabtu dalam serangan bom mobil oleh ISIL , Observatorium berbasis di Inggris mengatakan , mengutip pemberontak dan medis sumber di lapangan .

Liwa al – Tauhid , sebuah brigade dalam aliansi pemberontak Front Islam  , mengatakan pada  Facebook -nya bahwa anggotanya menjadi sasaran dalam serangan bom mobil .

Di Idlib di barat laut Suriah , yang juga telah melihat pertempuran utama antara pemberontak dan ISIL , empat pemberontak tewas dalam penyergapan di dekat Jabal ISIL al – Zawiya , sementara lima orang lainnya dieksekusi oleh ISIL di kota Harem .(Arby/Dz)