Mike Mullen : AS Akan Kalah di Afghanistan

Kepala Staf Gabungan Pasukan AS, Laksamana Mike Mullen, menyatakan, "Kita tidak akan menang, dan kita akan mengalami kekalahan, dan kita akan mengalami kekalahan. Para gerilyawan melakukan rekrutmen pasukan dan bekerja dengan baik," ucapnya.

AS mengirimkan pasukan tambahan ke Afghanistan, yang jumlahnya sekarang lebih dari 100.000 pasukan. Ini terbesar pengiriman pasukan sejak perang Dunia II, ke keluar negeri, yang dilakukan AS. Ini semua tujuan untuk memenangkan perang, dan mengubah wilayah Afghanistan yang dianggap menjadi tempat paling berbahaya, dan lahirnya bibit-bibit, yang dapat mengancam stabilitas keamanan global. Maka, Presiden Obama sejak sebelum menjadi presiden, di masa kampanyenya telah dengan tegas-tegas akan mengalahkan Taliban dan Al-Qaidah.

Tetapi berbeda dengan Mike Mullen, apa yang dinyatakan Menhan Robert Gate, yang menyatakan, "Kita akan menang dalam perang ini" ucapnya.  AS dan Afghanistan bekerjasama untuk melakukan rekrutmen dan membangun angkatan bersenjata Afghanistan, dan akan memberikan insentif yang baik. Dan, tantangan yang paling besar menurut Gates, Taliban memiliki uang yang banyak, dibandingkan dengan polisi Afghanistan. Entah bagaimana Robert Gate dapat berbicara sepert itu.

Menhan Robert Gate, juga berusaha membangun kerjasama dengan Pakistan, dan Pakistan menyambut baik keinginan Amerika itu, ujar Gate. Memang, pemerintah AS, telah mengultimatum pemerintah Pakistan, bila tidak mampu memerangi Taliban, maka AS akan melakukan ofensif militer langsung ke wilayah perbatasan Pakistan. Menurut Gate, AS telah mengalihkan lebih 3 juta pucuk senjata kepada pasukan Iraq, sampai nanti tahun 2010. (m/jp)