Mesir Klaim Temukan Lima Terowongan ke Wilayah Ghaza

Aparat keamanan Mesir mengklaim telah menemukan lima terowongan di utara perbatasan Rafah, yang digunakan untuk menyelundupkan bahan bakar dan barang-barang kebutuhan ke Jalur Ghaza.

Menurut keterangan seorang pejabat keamana Mesir, di dua dari lima terowongan itu terdapat pipa plastik sepanjang 850 meter, sebagai wadah untuk mengalirkan bahan bakar ke wilayah Ghaza, yang belakangan ini kekurangan bahan bakar akibat blokade Israel.

Salah satu terowongan, ditemukan berakhir di sebuah dapur dan dari dapur itu dipompa bahan bakar yang akan mengalir di pipa sepanjang terowongan tersebut. Di terowongan lainnya, ditemukan pompa dan sekitar 50 kaleng bahan bakar. Terowongan ini membentang di tengah perkebunan zaitun sepanjang 130 meter lebih dari perbatasan Rafah.

Tak ada orang yang tertangkap saat aparat Mesir menemukan terowongan tersebut, pada Senin (28/4) malam. Terowongan-terowongan itu adalah ikhtiar rakyat Ghaza untuk bertahan hidup dan mengatasi krisis makanan dan bahan bakar akibat blokade rejim Zionis Israel.

Israel selama ini menuding Mesir tidak cukup berbuat sesuatu untuk mengatasi penyelundupan senjata yang dilakukan warga Palestina lewat terowongan-terowongan bawah yang mereka gali dari Ghaza sampai ke wilayah Mesir. Namun Mesir membantah tudingan itu. (ln/presstv)