Menhan AS: Pakistan Berencana Buka Front Baru dalam Perang Melawan Taliban

Menhan AS: Pakistan Berencana Buka Front Baru dalam Perang Melawan Taliban

Pakistan mengatakan kepada para pejabat militer AS bahwa pihaknya berencana untuk meluncurkan operasi tempur terhadap gerilyawan Taliban sesegera mungkin di daerah suku dekat perbatasan Afghanistan yang juga berfungsi sebagai surga bagi para pemimpin al-Qaidah yang berafiliasi dengan jaringan Haqqani, Menteri Pertahanan AS Leon Panetta mengatakan Senin kemarin (13/8).

Berbicara kepada The Associated Press di kantor Pentagon, Panetta mengatakan kepala militer Pakistan, Jenderal Ashfaq Parvez Kayani, membahas operasi yang direncanakan dalam percakapan terakhir dengan komandan Amerika di Afghanistan, Jenderal John Allen.

Panetta mengatakan ia tidak tahu kapan operasi Pakistan akan di mulai, tapi ia mengatakan ia memperkirakan dalam “waktu dekat,” dan target utama adalah Taliban Pakistan, bukan jaringan Haqqani.

Panetta menyambut inisiatif Kayani, meskipun target utama mungkin bukan kepemimpinan Haqqani.

“Mereka sudah bicara tentang hal itu untuk waktu yang lama. Terus terang, saya kehilangan harapan bahwa mereka tidak akan melakukan apa-apa. Tapi akhirnya mereka mengambil langkah itu, “kata Panetta.

Panetta juga mengungkapkan bahwa AS memberikan bantuan militer tambahan untuk pasukan perdamaian di Semenanjung Sinai Mesir untuk memperkuat keamanan di wilayah tersebut. Namun dia mengatakan bahwa sejauh ini Pentagon tidak bergerak untuk mengirim pasukan tambahan AS ke Sinai.(fq/ap)