Menghina Abbas di Facebook, Anas Dihukum Penjara di Tepi Barat

Lain Anas di Indonesia, Lain Anas di Palestina, keduanya bernama Anas , sedang menghadapi permasalahan  dalam kasus yang jauh berbeda. Sebuah pengadilan Palestina pada hari Kamis menghukum seorang pria  di  Tepi Barat sampai satu tahun penjara karena “menghina” presiden Mahmud Abbas dalam pernyataan yang diposting di Facebook.

Sebuah pengadilan di kota  Nablus Tepi Barat utara  menetapkan  seorang pria bernama Anas  Awad, 26 tahun , ke penjara atas tulisan yang diposting di samping gambar Abbas menendang bola dan mengatakan “striker baru untuk Real Madrid,” jelas  ayahnya kepada AFP.

“Apakah anak saya menulis itu dianggap menghina presiden?,” ujar Awad mengatakan, ia jelaskan bahwa anaknya memang pendukung Real Madrid. “Ini adalah hanya sekedar komentar dipertukarkan antar kalangan anak muda. Dia tidak melakukan kejahatan apa pun. ”

Ia mengatakan memang Anas di masa lalu telah beberapa kali ditangkap oleh pasukan keamanan Palestina karena ia merupakan anggota kelompok Hamas yang menguasai Jalur Gaza, kata ayahnya.

Ayahnya mengatakan bahwa hakim menjatuhkan hukuman tanpa memanggil Anas ke ruang sidang, meskipun ia sedang menunggu di gedung itu.

“Saya tidak berpikir ada sesuatu unsur penghinaan di foto ini dan saya tidak berpikir itu adalah alasan untuk keputusan penangkapan ini,” katanya.

Pengacaranya, Rima al-Sayed, mengatakan kepada AFP bahwa kliennya telah “dihukum in absentia” dan bahwa dia akan mengajukan banding. (Dz-Al Arabiya)