Mengapa Obama Memilih Ira Forman?

Presiden AS Barack Obama dilaporkan telah memilih mantan kepala National Jewish Democratic Council Ira Forman sebagai direktur kampanyenya. Dikutip dari Haaretz, langkah ini dilakukan dalam upaya untuk mengamankan suara Yahudi pada kampanye mendatang.

"Saya benar-benar merasa terhormat bisa bekerja untuk Presiden Obama dalam pemilu mendatang," kata Forman dalam sebuah pernyataan. "Presiden ini patut mendapat dukungan dari komunitas kami atas dukungannya yang luar biasa untuk hubungan AS-Israel dan catatan yang kuat tentang prioritas domestik dan nilai-nilai sosial bersama."

Forman diharapkan bisa memainkan peran kunci dalam meraih pemilih Yahudi. Seorang pejabat kampanye Obama mengatakan bahwa pemilihan Forman sebagian besar didasarkan pada reputasi Ira sebagai salah satu ahli terkemuka atas tren suara komunitas Yahudi.

"Tidak ada yang tahu persimpangan komunitas Yahudi dan politik Demokrat lebih baik daripada Ira Forman, seorang pemimpin nasional yang dihormati di kedua wilayah itu," kata pejabat tersebut.

Pengangkatan Forman ini, sumber tersebut menambahkan, "menunjukkan komitmen kampanye untuk bekerja dengan komunitas Yahudi dan menjaga jalur komunikasi agar tetap terbuka melalui dialog dan penjangkauan."

Forman bekerja untuk American Israel Public Affairs Committee akhir 1970-an, dan kemudian bekerja di pemerintahan Clinton. (sa/haaretz)