Mengapa Harus ke Gaza Pada Tahun Baru ?

Hampir setahun yang lalu, pada perayaan Martin Luther King yang berbarengan dengan serangan militer Israel di Gaza,sebuah tulisan muncul: “Israel in Gaza: A Time Comes When Silence is Betrayal.” Tulisan itu berbicara tentang peran Yahudi Amerika dan Amerika yang tetap diam dalam menghadapi pelanggaran hak asasi manusia yang mengerikan di Palestina.

Rakyat Amerika sejenak tertunduk, selama ini mereka terus diam ketika miliaran dolar AS dan bantuan lainnya yang memfasilitasi pembunuhan Palestina digelontorkan kepada Israel.

Serangan itu adalah kejahatan besar. Sebagian besar dunia berdiri. Gaza telah membuat orang Amerika untuk menuntut dan tidak lagi berdiri di pinggir lapangan. Laporan Goldstone, laporan PBB yang Mencari Fakta-Misi dan Konflik di Gaza, Fakta yang mendokumentasikan pelanggaran terhadap hukum perang dan hukum hak asasi manusia yang mengerikan. Laporan-laporan itu membahas pencaplokan Yerusalem Timur, pembangunan tembok, 85 persen dari yang ilegal terletak di wilayah yang diduduki, celah hukum dan permukiman.

Laporan itu juga memebeberkan blokade Gaza, yang dimulai sebelum serangan tahun Desember 2008 terhadap rakyat Palestina. Mengenai perang, laporan menyimpulkan bahwa "operasi militer diarahkan oleh Israel di Gaza kepada rakyat secara keseluruhan" untuk "menghukum mereka" dan "dalam kebijakan yang disengaja, kekuatan yang tidak proporsional telah ditujukan kepada penduduk sipil."

Setiap contoh memberikan efek kumulatif sangat menyeramkan: disengaja menargetkan warga sipil, penghancuran infrastruktur Gaza termasuk pasokan bahan bakar, sistem saluran pembuangan, satu-satunya penggilingan tepung dan gedung legislatif Palestina.

Lebih dari seribu warga Palestina terbunuh, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil; dan hanya 13 Israel yang mati. Bayangkan Gaza sebagai penjara yang penuh sesak, karena itulah apa adanya, tanpa kemampuan bagi orang untuk bersembunyi, melarikan diri atau membela diri. Lalu, bayangkan suatu serangan bebas dari udara, laut dan tanah. Gaza bukanlah kecelakaan. Itu bukan kesalahan. Pemimpin Israel membenarkan penghancuran objek sipil: "Hancurkan 100 rumah untuk setiap satu roket yang ditembakkan."

Itu sebabnya mungkin kita harus pergi ke Gaza pada tahun baru ini. Karena kebenaran membutuhkan dorongan. Sederhana. Setiap orang harusnya berkeinginan untuk memecahkan blokade. Orang Amerika harus melihat sendiri kerusakan yang disebabkan oleh senjata yang dibeli dengan uang pajak mereka. Mereka harus mengerti bahwa Israel tidak membunuh atas nama Tuhan. (sa/arabnews)