Mengapa AS Membuka Konsulat Di Herat Dan Mazar Sharif?

Menurut rencana, akhir tahun ini, AS akan segera membuka Kedutaan Besarnya di Afghanistan, masing-masing di Herat dan Mazar Sharif.

Begitu yang dikatakan oleh seorang pejabat senior dari Kedubes AS kepada AP pada hari Jumat pekan lalu. "Kami telah menyiapkan gedungnya dan akan mulai berfungsi pada akhir tahun ini." kata John R. Groch, Atase Pers Kedutaan Besar AS di Kabul.

Dia mengatakan bahwa konsulat baru ini terutama untuk mengawasi pekerjaan pembangunan dengan cara yang lebih efisien dan efektif.

Tahun ini AS memang sudah berencana berinvestasi sekitar US $ 4,4 miliar dengan tujuan untuk mempromosikan kegiatan pembangunan sehingga memberikan dukungan rakyat.

Di antara sekian banyaknya daerah di Afghanistan, tentu menjadi pertanyaan besar mengapa AS membangun konsulat di dua daerah ini.

Sudah bukan rahasia lagi, kalau Herat dan Mazar Sharif merupakan dua tempat Syiah berkembang dan bahkan menjadi basis gerakan sesat ini di Afghanistan. Dalam sejarah peperangan di Afghanistan, tidak pernah ada ceritanya kaum Syiah ikut berperang melwan pasukan asing. (sa/ap)