Mengapa Ahmadinejad Memecat Menteri Luar Negerinya?


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, dilaporkan telah memecat Menteri Luar Negerinya,Manouchehr Mottaki, demikian kantor berita resmi Iran, IRNA melaporkan Senin, tanpa memberikan alasan.

"Saya berterima kasih dan menghargai pekerjaan dan pengabdian yang telah diberikan selama Anda menjabat di kementerian luar negeri," demikian Ahmadinejad seperti dikutip oleh IRNA.

Ahmadinejad kemudian mengangkat direktur Organisasi Energi Atom Iran, Ali Akbar Salehi, untuk menggantikan Mottaki.

"Saya harap segala sumbangsih Anda mendapatkan balasan dari Tuhan dan Anda akan berhasil dalam sisa hidup Anda dalam melayani rakyat negara kita," tambahnya.

Mottaki, seorang diplomat, diangkat sebagai menteri luar negeri pada bulan Agustus 2005. Dia sendiri tengah berada di Senegal sekarang dalam kunjungan resmi.

Sebuah situs reformis menyebutkan jika selama ini Mottaki terus-meneru mengkritisi kebijakan-kebijakan Ahmadinejad. "Mottaki gagal menyesuaikan diri dengan titik pandang presiden dan kebijakan luar negerinya," melaporkan situs Mardomsalari.

Mottaki fasih berbicara bahasa Inggris, Urdu dan Turki. Ia memperoleh gelar dalam ilmu sosial dari University of Bangalore di India dan gelar sarjana hubungan internasional dari Universitas Teheran pada tahun 1991. (sa/wb)