Memoar Bush Ditempatkan Di Bagian Rak 'Kejahatan' Di Toko Buku

Para aktivis kedamaian di Amerika Serikat, mengikuti jejak rekan-rekan mereka di Inggris, akhirnya meluncurkan kampanye terhadap memoar George Bush, Decision Points. Buku Bush ini ditempatkan di rak bagian "Crime/Kejahatan" toko-toko buku lokal mereka.

Terinspirasi oleh kampanye di Inggris yang menempatkan buku otobiografi Tony Blair, A Journey, dalam seksi CRIME di rak buku toko, para aktivis Waging Nonviolence mendesak pendukungnya untuk memindahkan buku Bush ke seksi rak buku Kejahatan. Mereka juga meluncurkan kampanye di sebagian jejaring sosial di internet.

Jasmine Faustino, salah seorang dari mereka mengatakan bahwa memoar Bush membela kebijakan kejahatan pidana yang ia laksanakan selama menjabat sebagai presiden, termasuk invasi ke Irak dan penggunaan waterboarding.

Lyndsey Jerman dari kelompok anti-perang Inggris Stop The War Coalition gembira bahwa kampanye mereka telah menyebar ke Amerika Serikat.

”Ini menunjukkan perasaan yang ada di kedua sisi Atlantik, dan kita hanya bisa membalasnya dengan melakukan hal yang sama pada buku-buku itu di sini,” katanya, seraya berjanji untuk mendorong semua pendukung kelompok itu untuk melakukan hal yang sama kepada buku Bush, "terutama karena ia membenarkan penyiksaan."

Jerman mengatakan ribuan orang telah bergabung dalam kampanye Blair. "Itu karena mudah dilakukan, dan sedikit nakal dan lucu, dan juga dengan menyebarkan berita di internet."

Di Dublin buku Blair disambut dengan telur, botol dan sepatu. Menurut penerbit buku Bush di Inggris, Virgin Books, Bush tampaknya tidak memiliki rencana untuk mengunjungi Inggris. (sa/theage)