Masih Ada Ratusan Ribu Orang Yang Mengingat Aafia Siddqui

Ratusan ribu orang dilaporkan melakukan protes di Karachi dan Hyderabad, Selasa (29/9) kemarin. Protes mereka berkaitan dengan hukuman penjara 86 tahun untuk seorang ilmuwan Pakistan karena dituduh mencoba membunuh orang Amerika di Afghanistan.

Para demonstrasi diorganisir oleh Gerakan Muttahida Quami, sebuah partai politik Pakistan, sebagai tanggapan terhadap hukuman terhadap Aafia Siddiqui, pekan lalu. Aafia didakwa oleh juri pada bulan Februari di Amerika Serikat dengan tujuh tuduhan, termasuk percobaan pembunuhan dan serangan bersenjata terhadap perwira AS .

"Saya menghimbau pemerintah AS dan rakyat mereka untuk membebaskan Aafia Siddiqui dengan kehormatan dan martabat untuk mendapatkan pujian dari jutaan orang," kata pemimpin GMQ, Altaf Hussain.

Hussain juga mempertanyakan "mengapa orang-orang yang bertanggung jawab atas serangan pesawat dengung di Pakistan dan membunuh orang yang tidak bersalah" tidak diberi hukuman yang sama.

Amerika Serikat tidak pernah resmi mengomentari serangan pesawat tak berawak tersebut.

Hukuman terhadap Siddiqui, disebut oleh menteri luar negeri Pakistan sebagai sesuatu yang "sangat kasar." Dan ini telah memicu protes luas.

"Banyak orang merasa bahwa dia tidak bersalah dan ia seharusnya mendapat kesempatan yang lebih adil," kata Menteri Luar Negeri Pakistan, Makhdoom Shah Mahmood Qureshi. (sa/cnn)