Markas Kampanye Capres Mesir Ahmad Syafiq Diserang Demonstran

Markas Kampanye Capres Mesir Ahmad Syafiq Diserang Demonstran

Markas kampanye calon presiden Mesir Ahmad Syafiq, perdana menteri terakhir di era Hosni Mubarak, diserang Minggu pagi ini (3/6) di dua kota provinsi, petugas layanan keamanan melaporkan.

Sebelumnya markas Syafiq di Kairo telah diserang pada hari Senin lalu.

Video yang diposting di situs Al-Ahram menunjukkan sekelompok pemuda menghancurkan dan membakar gambar Syafiq dan membawa spanduk sambil meneriakkan: “Fayoum mengatakan Ahmad Syafiq adalah Feloul (kata bahasa Arab yang digunakan untuk merujuk pada sisa-sisa rezim politik terguling).”

Serangan terbaru itu terjadi setelah ribuan demonstran Mesir yang marah turun ke jalan pada hari Sabtu kemarin setelah mantan Presiden Mubarak dan kepala keamanannya dijatuhi hukuman penjara seumur hidup atas kematian demonstran pada tahun 2011 tetapi enam kepala polisi dibebaskan.

Sekelompok pengunjuk rasa menyerbu kantor pusat kampanye Syafiq di Fayyoum selatan Kairo sebelum membakar bangunan, pejabat keamanan mengatakan.

Syafiq, mantan seorang komandan Angkatan Udara Mesir, akan berhadapan dengan kandidat Ikhwanul Muslimin Muhammad Mursi dalam babak final pemilihan presiden pada 16-17 Juni mendatang.(fq/aby)