Mantan Pimpinan Jama’ah Islamiyah Pakistan Meninggal Dunia

Jama’ah Islamiyah di pakistan pada hari minggu ini mengumumkan wafatnya mantan Amir Jama’ah Islamiyah Syeikh Qazi Hussain Ahmed dalam usianya ke-74 tahun.

Jama’ah Islamiyah mengatakan dalam sebuah pernyataan di situs resminya bahwa Sholat Jenazah akan dilaksanakan pada jam 3 sore waktu setempat di kota Peshawar.

Syeikh Hussain meninggal di sebuah rumah sakit swasta di Islamabad, saat menjalani perawatan setelah mengalami serangan jantung tiga hari yang lalu.

Syeikh Hussain adalah salah satu pejuang anti-Amerika di Afghanistan dan selain ia juga penentang terhadap serangan militer AS di Pakistan.

Beliau dilahirkan di Peshawar pada tahun 1938, memperoleh gelar master di bidang geografi dari Universitas Peshawar, lalu bekerja sebagai seorang profesor geografi di Universitas negeri sampai tahun 1965, kemudian selesai dan terjun ke bidang perdagangan dan politik. Pada tahun 1978 beliau dipilih sebagai sekjen Jama’ah islamiyah, kemudian menjadi Amir pada tahun 1987 sampai dengan tahun 2009. Beliau juga merupakan anggota senat Pakistan antara tahun 1985-1996, dimana pada saat itu ia mengajukan pengunduran dirinya sebagai protes terhadap pemerintahan Benazir Bhutto pada saat itu. (hr)