Mantan Pasukan Elite Menjadi Dubes Israel di Washington

Michael Oren, yang pernah menjadi pasukan elite Israel, ditunjuk oleh Perdana Menteri Benyamin Netanyahu dan Menlu Avigdor Lieberman menjadi Duta Besar Israel di Washington. Oren mempunyai hubungan dekat Netanyahu, dan garis politiknya sama dengan pemimpin partai Likud itu. Maka, pilihan mantan pasukan payung Israel adalah sebuah keputusan yang dianggap paling tepat, khususnya untuk menghadapi kalangan pejabat di Washington, yang sekarang ini di bawah Presiden Barack Obama.

Sebelum dilantik menjadi Dubes Israel yang baru di Washington, setidaknya Michael Oren, harus terlebih dahulu melepaskan kewarganegaraannya, di mana Oren masih berstatus sebagai warga negara Amerika. Ia tinggal di New Jersey, dan kemudian bergabung dengan pasukan elite Israel, selama beberapa tahun. Bahkan, ketika operasi Cast Lead, ikut menjadi sukarelawan di IDF (Israel Depend Forces), dan Oren menjadi jurubicara militer, dan menggunakan seragam militer.

Oren, ketika usai berdinas militer di Israel, ia kembali ke Amerika, dan melanjutkan kuliahnya di Universitas Columbia dan Princeton, dan Oren juga bekerja sebuah lembaga milik Yahudi, The Shalem. Oren menulis buku, dan berhasil mempublikasikan buku-bukunya, termasuk buku yang banyak dibaca dikalangan orang-orang Yahudi Amerika. Seperti buku ‘ Perang Enam Hari : Juni 1967’, The Making of Modern dan Timur Tengah, dan lainnya.

Dan, nampaknya Netanyahu membutuhkan orang yang mengerti kondisi pemerintahan Amerika, dan juga persepsi kalangan DPR Amerika. Karena, banyak kebijakan Israel yang ingin mendapatkan dukungan Ameirka. Oren juga dianggap orang yang mempunyai peran yang efektif, dan dapat bekerja dibalik layar, atau sec ara rahasia, dan mempengaruhi keputusan Gedung Putih dan Capitol Hill. Dan, Oren diinginkan oleh Netanyahu seperti Daud Ivri, komandan angkatan udara Israel, yang tahun 1981, berhasil menyerang fasilitas nuklir milik Iraq, yang kemudian menjadi Dubes Israel untuk Washington. Dan, Michael Oren diharapkan seperti Daud Irvi, peranannya dalam mendapatkan dan mempengaruhi Gedung Putih dan Capitol Hill.

Kalangan politisi Israel sangat memuji dengan penunjukkan Michael Oren menjadi Dubes Israel untu Washington. Karena, Oren yang sebelumnya menjadi pasukan elite di Israel, dan kembali ke Amerika, dan kemudian diangkat menjadi Dubes Israel. Ini sebuah kelangkaan yang sangat luar biasa. Oren diharapkan dapat membawa missi kepentingan Israel di Ameika, meskipun sebelumnya Oren adalah warga negara Amerika, tapi sekarang mewakili kepentingan Israel di Washington. (m/jp)