Mahmud Abbas: Israel Khianati Kesepakatan Annapolis

Sebagai seorang Muslim kita wajib patuh pada segala peringatan yang Allah SWT berikan di dalam kitab suci al-Qur’an. Dalam banyak surat, Allah SWT berfirman bahwa kaum Yahudi merupakan kaum yang selalu berkhianat dalam perjanjian, selalu berbuat kerusakan di muka bumi, dan sama sekali tidak bisa dipercaya.

Namun peringatan dari Allah SWT ini agaknya tidak digubris oleh seorang Mahmud Abbas sehingga dia sudi mengajak Zionis-Israel ke meja perundingan berkali-kali dan menghasilkan kesepakatan yang berkali-kali juga dikhianati oleh Israel.

Bisa jadi, kesal dengan ulah bangsa yang pernah dikutuk Allah menjadi babi dan kera ini, Presiden Palestina Mahmud Abbas mulai bersikap hati-hati terhadapnya. Salah seorang pejabat tinggi pemerintahannya kepada harian Al-Manar, Ahad (16/3), menyatakan bahwa Mahmud Abbas telah mengontak sejumlah pemimpin negara Arab dan menegaskan jika pihaknya sudah menganggap gagal pertemuan Anapolis yang diselenggarakan di Amerika Serikat, November 2007 lalu.

“Zionis-Israel sudah berulang kali mengkhianati segala perjanjian dengan kami, termasuk perjanjian yang dihasilkan di Annapolis. Kami memiliki itikad baik, tetapi mereka tetap demikian. Seharusnya, tahun 2008 ini adalah tahun implementasi dari kesepakatan Annapolis menuju perdamaian yang menyeluruh. Kami telah siap, tetapi mereka agaknya tidak menginginkan perdamaian itu, ” ujar sumber yang tidak disebut namanya.

Abbas disebutkan tengah menimbang-nimbang untuk lebih mengintensifkan hubungannya dengan negara-negara Arab agar bisa memperkuat posisi Palestina dalam kancah diplomasi internasional. Namun agaknya kali ini Abbas juga lupa jika banyak sekali pemimpin negara Arab yang juga telah menjadi pelayan kaum Zionis.(rz/MNA)