Libya Bakal Pecahkan Rekor Dunia untuk Nama Muhammad

Orang-orang yang bernama Muhammad di negara-negara Arab, tak sabar menunggu acara yang bakal digelar negara Libya, yang akan mengumpulkan sebanyak-banyaknya orang-orang yang bernama Muhammad dari berbagai negara, agar tercatat dalam buku Guiness World Record.

Acara tersebut sudah dikampanyekan oleh kota Az Zawiyah, dan diharapkan bisa memecahkan rekor acara serupa yang pernah digelar Uni Emirat Arab. Pada tahun 2005, Ibukota Uni Emirat Arab, Dubai berhasil mencatatkan rekor di buku Guiness World Record karena berhasil mengumpulkan sekitar 1.500-2.000 orang yang bernama Muhammad dalam acata Dubai Shopping Festival.

Libya berharap dalam acara yang digelarnya ini, bisa memecahkan rekor baru yang pernah dipegang Uni Emirat Arab.Putera Muammar Gaddafi-pemimpin Libya-yang juga bernama depan Muhammad kabarnya akan ikut serta dalam event tersebut, termasuk Muhammad Hassan, penyanyi terkenal di Libya.

Terkait acara tersebut, beredar kabar melalui sms dan situs internet bahwa tiap peserta akan diberi hadiah sebesar 500 dinar Libya. Namun isu itu dibantah oleh kantor catatan supil di Tripoli, ibukota Libya.

Sebelumnya, Libya sudah dua kali masuk dalam buku Guiness World Record. Pada tahun 1922, Libya masuk dalam buku catatan rekor dunia, sebagai tempat dengan suhu terpanas di dunia yaitu mencapai 136 derajat Fahrenheit. Rekor kedua adalah dicatatkan oleh Suleiman Ali Nashnush, seorang pemain basket asal Libya yang menjadi pemain basket tertinggi di dunia, dengan tinggi badan 245 cm. (ln/al-arby)