Lebih dari 10 Ribu OrangTewas Akibat Angin Topan di Myanmar

Pemerintah Myanmar menyerukan dunia internasional untuk memberikan bantuan bagi negaranya, menyusul bencana angin topan Nargis yang melanda negara itu. Pemerintah Myanmar menyatakan, 10 ribu orang tewas dan 4 ribu orang hilang akibat bencana tersebut.

"Menurut laporan terakhir, lebih dari 10 ribu orang tewas. Informasi-informasi masih kami kumpulkan, dan kemungkinan masih banyak korban yang berjatuhan, " kata Menlu Myanmar Nyan Win dalam siaran di televisi nasional.

Nyan Win menyambut tawaran bantuan makanan dan obat-obatan dari Thailand dan menyatakan akan membuka pintu bagi bantuan dari negara-negara lainnya. "Kami menerima bantuan semacam ini dari negara-negara lain, karena rakyat kami sedang dalam kesulitan, " sambung Nyan Win.

Angin topan Nargis juga menyebabkan banjir banjir, putusnya aliran listrik dan kerusakan parah di berbagai tempat. Televisi nasional Myanmar menayangkan lokasi-lokasi yang dilanda banjir sejak angin topan Nargis menghantam negara itu pada Jumat malam kemarin, dengan kecepatan 190 kilometer per jam.Bencana angin topan ini menyebabkan ribuan warga kehilangan rumah mereka. (ln/berbagai sumber)