Lebaran Di Dubai:Lebaran Kaum Pendatang

Di Dubai, Ramadhan tahun ini jatuh pada bulan terpanas, sehingga tidak mengherankan jika perayaan Idul Al Fitri secara khusus banyak dilakukan di dalam rumah bersama keluarga.

Sedangkan pada tahun-tahun sebelumnya, keluarga berkumpul di taman di Dubai dan Abu Dhabi untuk piknik dan pesta barbeque. Maklum, tahun ini cuaca panas sampai menunjukkan angka 40C.

Haya AN, 26, seorang mahasiswa dari Palestina, lahir dan dibesarkan di UEA, mengatakan hari kedua Idul Fitri adalah waktu untuk mengunjungi keluarga. "Sebagai anak-anak saya ingat kami akan berbaris, tangan terulur, menunggu paman saya memberi kami uang Eid. Dia akan memberi masing-masing kami 50 dirham. Dan ada baklava, baklava selalu banyak."

Restoran-restoran dan kedai kopi di Dubai juga buka pada Idul Fitri ini dengan menawarkan segala sesuatu yang berbau modern untuk ekspatriat Muslim muda yang punya keluarga di sini dan menghabiskan Idul Fitri bersama teman-temannya.

Rima, 29, dari Yordania, mengatakan ia tidak bisa pulang ke negeri pada Idul Fitri kali ini namun Rima tidak keberatan karena beberapa teman dekatnya juga menghabiskan Idul Fitri di Dubai. "Sangat berbeda melakukannya dengan cara ini daripada berada di rumah di mana atmosfernya adalah keluarga. Tapi kami semua bersama-sama dan pergi keluar untuk makan. Ini seperti sebuah keluarga darurat," katanya. "Saya juga sangat menikmati belanja."

Di Abu Dhabi, penduduk di ibu kota dari berbagai latar belakang semuanya telah memeluk tradisi Idul Fitri dan menikmati acara-acara dengan orang yang mereka cintai.

Bahkan warga non-Muslim juga bergairah menyambut Idul Fitri. Christiane Mounayer sengaja memotong liburannya di Prancis untuk memastikan bahwa ia akan kembali ke Dubai sebelum Idul Fitri.

"Saya pikir Idul Fitri di sini memberikan gambaran yang baik bagi Islam, bahkan non-Muslim di ibukota merayakan dan menikmati acara dengan teman-teman mereka yang beragama Islam," kata Mounayer, yang bekerja di sektor medis.

"Saya pikir semua orang asing merasakan hal yang sama tentang Abu Dhabi. Ini seperti rumah bagi kami," tambahnya. (sa/gulfnews)