Korban Gempa China, Empat Tewas, Ratusan Luka-Luka

Akibat gempa bumi berkekuatan 7, 5 skala Richter yang berpusat di 92 kilometer sebelah baratlaut kota Chengdu, provinsi Sinchuan, dua sekolah runtuh di distrik Chongqing, menyebabkan empat siswa tewas dan lebih dari 100 orang lainnya luka-luka.

Pemerintah China menyatakan, kemungkin jumlah korban tewas atau luka-luka akan bertambah karena banyak rumah yang roboh setelah gempa terjadi. Media massa lokal melaporkan, "barisan rumah roboh" di sebuah kota yang terletak dekat pusat gempa. Getaran gempa yang terjadi sekitar pukul 14.48 waktu setempat terasa sampai ke Beizing, Shanghai dan ibukota Thailand, Bangkok.

Pemerintah daerah administrasi Aba, wilayah yang menjadi pusat gempa dalam pernyataannya menyatakan, gedung-gedung retak-retak dan hancur, begitu juga jalan-jalan di kawasan pegunungan. Menurut kantor berita China, Xinhua, jumlah warga di wilayah Aba sekitar 110 ribu orang.

Perdana Menteri China Wen Jiaboa mengumumkan bahwa ia akan segera mengunjungi wilayah-wilayah yang terkena dampak gempa dan memerintahkan pengerahan pasukan militernya untuk memberikan bantuan dan upaya penyelamatan bagi para korban gempa.

Seorang saksi mata yang bekerja di hotel Holiday Inn, Chengdu mengatakan, gempa terjadi selama kurang lebih lima menit, dan terasa beberapa kali gempa susulan. "Kami semua sangat ketakutan, " ujar laki-laki itu. (ln/aljz)