Konvoi Militer Turki Kembali Bergerak ke Perbatasan dengan Suriah

Konvoi Militer Turki Kembali Bergerak ke Perbatasan dengan Suriah

Turki mengirimkan konvoi sekitar 20 kendaraan yang membawa pasukan, baterai rudal dan kendaraan lapis baja ke perbatasan dengan Suriah pada Senin hari ini (30/7) di tengah berkembangnya kekhawatiran di Turki tentang keamanan di perbatasan selatan, laporan berita dan saksi mata mengatakan.

Ini adalah langkah terbaru dalam serangkaian penyebaran pasukan di wilayah perbatasan dalam beberapa pekan terakhir. Belum ada indikasi bahwa pasukan Turki akan menyeberang perbatasan, dan pergerakan pasukan mungkin berusaha melakukan pencegahan dalam menghadapi kekerasan spiral di Suriah.

Konvoi meninggalkan basis mereka di provinsi Gaziantep menuju ke selatan ke provinsi Kilis, di mana tentara akan tinggal, kantor berita Anatolia melaporkan.

Saksi mata mengatakan, pasukan dan kendaraan telah meninggalkan jalan raya utama dan kini ditempatkan sepanjang bagian berpagar di perbatasan dengan Suriah.

Gambar dari saluran televisi Dogan News Agency menunjukkan sedikitnya enam kendaraan lapis baja di atas truk bergerak sepanjang jalan aspal. Bus dan truk tertutup yang tampaknya mengangkut personel militer juga berada dalam konvoi.

Turki, anggota NATO, dalam beberapa bulan terakhir telah melakukan sejumlah pengiriman tentara sepanjang 911 km (566 mil) perbatasan dengan Suriah.(fq/hurriyet)