Kongres AS Lebih Memilih Mendukung Militer Mesir dibanding Pemerintahan dari Ikhwanul Muslimin

kongres ASKongres AS terbagi sikapnya mengenai  kebijakan bantuan militer ke Mesir, di tengah pilihan  yang dihadapi pemerintahan Obama di tengah kekerasan di Mesir , yang merupakan sekutu AS di wilayah Timur Tengah.

Hari Minggu, anggota Kongres Demokrat,  Keith Ellison, ia seorang Muslim  mengatakan ia menyetujui untuk   mengakhiri bantuan ke Mesir. Ellison adalah Muslim pertama yang terpilih menjadi anggota Kongres AS .

“Aku setuju dihentikan bantuan ke Mesir , lihat,  kami akan kembali kirim  bantuan jika  Anda menghentikan pertumpahan darah di jalan dan menuju demokrasi yang pernah ada sebelumnya,” Ellison mengatakan. “Dalam pikiran saya, tidak ada cara untuk mengatakan bahwa ini bukan kudeta. Ini adalah kudeta . Kita harus mengatakan begitu. Dan kemudian menurut  hukum kita sendiri, bahwa  kita tidak bisa mendanai para pemimpin kudeta. ”

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Caitlin Hayden mengatakan dana bantuan bagi Mesir masih dikaji.

“Seperti yang telah kita dibuat jelas, semua bantuan kami ke Mesir saat ini sedang ditinjau, dan kami akan mempertimbangkan langkah-langkah tambahan yang kami anggap perlu,” kata Hayden. “Pada titik ini,  proses peninjauan bantuan sedang berlangsung. ”

Di kongres dari Partai Republik, ada seruan untuk menghilangkan bantuan militer ke Mesir. Tetapi sebagian orang masih dalam keraguan.

Pete King mengatakan membatasi bantuan bisa mengurangi pengaruh AS atas pemerintah sementara Mesir, yang mengontrol akses ke sumber daya strategis, termasuk Terusan Suez.

“Kita tentu tidak harus menghilangkan  semua bantuan,” kata Pete, yang memimpin komisi  kontraterorisme dan intelijen.

Pete  berkata tidak ada pilihan yang baik bagi AS di Mesir. terkait Presiden Mohammad Mursi, anggota Ikhwanul Muslimin, ia katakan benar Mursi terpilih secara demokratis. Tapi,  kelompok itu belum menunjukkan komitmen terhadap demokrasi.

“Faktanya adalah, tidak ada orang baik di sana (di kalangan Mursi dan Ikhwanul Muslimin) ,” kata Pete. “Tapi dari dua opsi , saya pikir ada kesempatan lebih banyak adalah  melindungi kepentingan Amerika jika kita bekerja dengan militer dan melanjutkan hubungan kami dengan militer.”

Senator John McCain menyerukan kembali  untuk menghentikan bantuan militer Mesir yang terus menindak pengunjuk rasa dengan kekerasan .

Tapi anggota kongres dari partai Demokrat , Eliot Engel mengatakan dia mendukung pendekatan presiden Obama.

“Ini adalah pilihan yang sangat sulit,” kata Engel, anggota kongres dari partai Demokrat untuk  Komite Urusan Luar Negeri DPR. “kita pada dasarnya memiliki dua pilihan di Mesir. Dan kita lebih memilih  pemerintahan militer, yang diharapkan akan lakukan transisi secepat mungkin kepada pemerintah sipil. Saya tidak berpikir Ikhwanul Muslimin adalah sebuah pilihan yang baik. ” (Aljazeera/Dz)