Komunitas Muslim Indonesia di AS Datangkan Ustadz untuk Program Safari Ramadhan’

Komunitas Muslim Indonesia di AS Datangkan Ustadz untuk Program Safari Ramadhan'

Selama bulan suci Ramadhan sampai Idul Fitri, warga Muslim Indonesia di Amerika dapat mengikuti program Safari Ramadhan, dengan mendengarkan ceramah Islami oleh para Ustad yang khusus didatangkan dari Indonesia.

Untuk bulan Ramadhan tahun ini, Ustadz Samson Rahman, diundang untuk melayani jamaah Muslim Indonesia yang tinggal di Amerika.

Ustadz Samson Rahman sudah dua kali ini berkunjung ke Amerika. Pertama, ketika menghadiri program pelatihan “Tujuh Kebiasaan Islam Sehari-hari” bulan April lalu, yang diselenggarakan oleh Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia.

Kedatangan Ustadz Samson kedua kalinya di Amerika ini, untuk melayani umat Islam Indonesia di Amerika, dengan menyampaikan ceramah rohani selama bulan suci Ramadhan, atau yang dikenal dengan “Safari Ramadhan”.

Selain di Washington, DC, Ustadz Samson Rahman juga akan mengadakan ceramah Islami di New York dan Huston, selama sebulan sampai Lebaran nanti. Ketika ditanya oleh VOA tentang apakah ada ketentuan khusus bagi para Ustad yang dikirim ke Amerika, Ustadz Samson Rahman mengatakan, “Saya tidak tahu pasti ketentuan dari ICMI di sini, tapi biasanya mereka memanggil Ustadz yang direkomendasikan oleh para Ustadz yang pernah datang ke sini sebelumnya yang dianggap kredibel untuk memberikan ceramah dan menyampaikan nilai-nilai Islam di Amerika.”

Para Ustadz Indonesia tidak hanya bersafari Ramadhan ke Amerika. Kini mereka juga diundang untuk berceramah ke Jepang, Australia dan negara-negara Eropa. Sejak peristiwa serangan 11 September, banyak warga Amerika ingin mengetahui tentang Islam lebih dalam.

Salah satu tugas para ulama Muslim adalah untuk menyampaikan ajaran Islam. Ditanya bagaimana seharusnya umat Islam hidup di negara yang pluralis seperti Amerika, Ustadz Samson Rahman berpendapat. “Kita wajib untuk tidak menghilangkan identitas kita sebagai Muslim tanpa merendahkan umat lain, sehingga kita bisa hidup berdampingan dengan masyarakat di sini, dan menunjukkan bahwa Islam itu rahmat bagi semesta dan bukan ancaman bagi siapa saja termasuk warga Amerika. Kita dapat tampakkan bahwa akhlak Islam itu yang baik bagi setiap manusia”.

Seorang Ustadz lain, Mohammad Khosin Mahmud juga datang ke Amerika untuk bertugas dalam Safari Ramadhan di kawasan Pantai Barat Amerika.(fq/voa)